Thursday, April 14, 2011

Rekoleksi Prapaskah MBK MKK 2011


Pada tanggal 9 April 2011, OMK dari MBK mengundang OMK dari MKK dalam sebuah acara Rekoleksi Prapaskah. Acara yang mengusung tema "Mari Berbagi", sesuai dengan tema Prapaskah tahun ini, diikuti oleh 13 orang OMK dari MKK. Beberapa peserta dari MKK berkumpul terlebih dahulu di Gereja MKK baru kemudian berangkat bersama-sama menuju MBK, sebagian lainnya berangkat sendiri, dan ada juga yang langsung dari sekolah masing-masing. Pendaftaran ulang dilakukan dengan mengisi data diri masing-masing dan pembagian nama binatang berdasarkan minat masing-masing OMK.
Acara yang dijadwalkan mulai pada jam 8 ini juga dimeriahkan oleh 3 Bruder Ordo Karmel dari Malang yaitu Bruder Marco, Bruder Nungky, dan Bruder Yohanes. Acara diawali dengan doa pembukaan oleh Bruder Marco dan dilanjutkan dengan sedikit "hukuman" bagi beberapa OMK yang terlambat datang. Setelah itu tiap-tiap OMK dikumpulkan berdasarkan minatnya dengan saling "memanggil" menggunakan suara binatang kelompok mereka, baru kemudian mereka dipisahkan ke dalam kelompok yang lebih kecil. Di dalam kelompok kecil tersebut mereka kemudian dipersilahkan untuk saling berkenalan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama oleh Bruder Nungky yang menjelaskan hakikat dasar apa sesungguhnya yang disebut dengan berbagi, kepada siapa saja kita dapat berbagi, dan tujuan dari berbagi. Yang menjadi salah satu penekanan juga adalah bagaimana sikap yang baik ketika kita berbagi dan mendengarkan orang lain. Dalam sesi ini, Bruder Nungky juga memberikan sedikit games "berbagi". Tiap-tiap anggota kelompok memegang satu barang kepunyaannya dan membentuk lingkaran, kemudian barang tersebut harus dioper terus menerus dan tidak boleh terjatuh. Pelajaran dari games tersebut adalah kita harus lebih memperhatikan bagaimana kesungguhan dan totalitas kita ketika memberi sesuatu kepada orang lain dan bukannya lebih fokus kepada apa yang diberikan kepada kita.

Setelah sesi pertama berakhir, acara dilanjutkan dengan snack siang dan setiap peserta dipersilahkan untuk mengambil makanan dan minuman di bagian belakang ruangan. Setelah jeda singkat tersebut, acara kembali dilanjutkan dengan sesi kedua bersama Bruder Nungky. Di awal sesi ini, Bruder Nungky mengajak semua peserta untuk menyanyikan lagu "Sempurna". Kemudian peserta rekoleksi diajak untuk bersama merenungkan arti menjadi manusia yang sempurna dan penekanan bahwa kita semua adalah manusia yang sempurna karena kita manusia adalah sebagai pribadi Allah yang juga menjadi dasar dan sumber kepribadian kita. Di dalam sesi ini pula Bruder Nungky mempertontonkan beberapa film sebagai visualisasi bahwa cinta yang Tuhan berikan dapat mengalahkan hambatan-hambatan manusia seperti juga bagaimana cinta Tuhan kepada kita yang rela mengorbankan Putra-Nya yang tunggal untuk menebus semua dosa-dosa yang paling hina dan membuat manusia kembali layak di hadapan-Nya.

Setelah sesi kedua berakhir, acara ditutup dengan pesan-pesan dari Romo Heribertus Supriyadi O.Carm selaku Romo kepala paroki. Setelah doa makan dan berkat, peserta rekoleksi dibagikan makan siang dan dipersilahkan pulang.

0 comments:

Post a Comment